Rabu, 14 Maret 2012

Bidik Bokashi Kotaku


Pupuk Bokashi Granul Bantas Memuaskan

Pengembangan teknologi pertanian alat produksi pupuk granul berteknologi EM4 yang dikembangkan PT. Karya Pak Oles Tokcer membuahkan hasil memuaskan. Semakin hari produksi pupuk granul, pengguna pupuk granul terus meningkat. Selain itu, produksi pertanian organik baik holtikultura, padi-padian, dan tanaman musiman yang menggunakan pupuk granul juga meningkat.

‘’Kerjasama pupuk Bokashi Grandul dengan Sang Tyang Sri yang nantinya akan disalurkan ke petani-petani yang ada di Bali ini,  permintaannya terus meningkat. Sekarang ini  hampir 500 ton pupuk bokashi grandul yang di order dan mungkin akan terus bertambah,’’kata Eko Ambas Setiawan, Supervisor Produksi Bokashi Granul Bantas Tabanan Bali.

Seperti dibuktikan oleh kelompok tani cengkeh yang berada di Desa Bengkel Singaraja Bali, mereka yang menggunakan pupuk bokashi granul sebagai pupuk andalan membuat produksi cengkeh meningkat saat panen jika dibandingkan tidak menggunakan pupuk granul.
           
 Sekarang ini, setelah panen cengkeh di wilayah Singaraja Bali, pupuk bokashi kotaku sangat diperlukan petani cengkeh untuk pemupukan. Mereka sangat antusis memilih pupuk organic bokashi kotaku karena produksi cengkeh pertahunnya selalu meningkat. Dan jarang sekali terjadi pengurangan produksi di samping factor cuaca yang mendukung.
            
 Menurut Kelapa Produksi Bokashi Kotaku Bantas Tabanan, Suiartana, aplikasi pupuk bokashi grannul juga sangat efektif untuk pertanian terutama untuk tanaman padi organik. ‘’Perkiraan saya penggunaan pupuk bokashi kotaku grandul ini akan meningkat dibandingkan dengan menggunakan pupuk sintesis. Karena beberapa kelompok tani di wilayah Tabanan  berhasil meningkatkan produski padinya. ‘’Penggunaan pupuk granul itu bisa menghasilkan padi bagus’’,katanya,

Hal ini juga di Amini oleh Gede Nyurah Wididana, atau yang akrab dipanggil Pak Oles.  Menurutnya untuk mendapatkan produksi padi yang bagus dan berproduksi tinggi, selain menggunakan pupuk granul berteknologi EM4, juga harus memperhatikan cara tanamnya misalnya dengan manggunakan sistem SRI. ‘’Saya selalu memantau perkembangan produksi pupuk granul dimasing-masing kelompok tani di Jawa dan Bali. Dan hasil pertanian oragnik selalu meningkat,’’katanya.(AGS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar