Selasa, 13 Maret 2012

Usaha Bokashi Kotaku


Sarwanik
Usaha Bokashi Menjadi Pilihan Hari Tua

 Merasa Suvive berbisnis Bokashi, Sarwanik sekarang mantap menggeluti usaha ini mengisi hari tuanya.
Memang bukan sekedar mencoba-coba tapi memang sudah direncanakan matang-matang untuk membuat produk bokashi yang berkualitas. Pasalnya, bahan baku untuk membuat bokashi cukup tersedia. Di NTB ini, ternak sapi merupakan jenis ternak ruminansia yang sekarang dikembangkan. 
Di pulau Lombok khususnya, pemeliharaan sapi dilakukan secara kelompok dalam suatu kandang kolektif. Namun sayangnya, belum banyak yang memikirkan pengelolaan limbahnya (kotoran) menjadi pupuk yang bernilai ekonomis. Sebagian besar peternak belum mengelola dan memanfaatkan kotoran ternaknya tersebut.
Adalah Sarwanik  warga Desa Labulia Kecamatan Jonggat, Loteng Lombok, NTB ini yang sekarang mantap mengelola limbah ternak sapinya. Menurutnya, satu ekor sapi rata-rata menghasilkan kotoran rata-rata 10-25 kg/hari. Apabila dalam satu kandang kolektif dipelihara sebanyak 100 ekor sapi maka kotoran yang dapat dikumpulkan adalah 2.500 kg
Limbah ternak dapat lebih bermanfaat setelah melalui proses pengolahan dengan cara fermentasi menjadi bokashi. Keengganan peternak untuk memproses kotoran ternak menjadi Kompos (proses pembusukan) disebabkan oleh lama waktu yang dibutuhkan selama proses pengomposan lebih kurang 2 bulan.

Namun dengan adanya berbagai teknologi, kotoran ternak dapat didekomposisi menjadi kompos atau bokashi dalam waktu yang lebih singkat

Bahan-bahan yang dibutuhkan
- Kotoran sapi : 80-83%
- Kapur gamping : 2%
- Pemacu mikroorganisme (EM4) : 0,25%
- Air secukupnya
- Serbuk gergaji : 5%
- Abu sekam : 10%
Alat-alat yang digunakan
- Sekop
- Cangkul
- Alat pengangkut dan mengumpulkan kotoran (grobak sorong)
- Tempat pembuatan dan penyimpanan (semacam gudang)

Prinsip yang digunakan dalam pembuatan bokashi adalah proses pengubahan limbah organik menjadi pupuk organik melalui aktivitas biologis pada kondisi yang terkontrol.. (AGS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar