Rabu, 14 Maret 2012

Forum Bokashi Kotaku



Pemupukan Cengkeh Dengan Bokashi Kotaku

Siang itu beberapa petani yang ada di beberapa desa di Kecamatan. Singaraja Bali sedang menjemur cengkeh selesai dipanen. Raut wajah ceria menghiasi wajah-wajah mereka karena panen cengkeh mereka sangat berhasil. ‘’Walau bukan panen raya tetapi hasil produksi padi tetap stabil dan cendung meningkat,’kata Arton (50) dari desa Celagi Singaraja.
Begitu juga yang dkatakan Ketut Yardana (48) panennya cukup cengkehnya cukupberhasil. Pasalnya, ia selalu menggunakan pupuk secara seimbang antara pupuk organic dan pupuk anorganik. ‘’Untuk pupuk organik saya mempercayakan Bokashi Kotaku,’’kata Yardana yang memiliki 3 ½ hektar di desa Celagi Singaraja.
Cengkeh merupakan salah satu komoditas pertanian yang tinggi nilai ekonominya. Baik sebagai rempah-rempah, bahan campuran rokok kretek atau bahan dalam pembuatan minyak atsiri. Namun bila faktor penanaman dan pemeliharaan tidak diperhatikan, maka produksi dan kualitas hasilnya akan menjadi sangat rendah.
Pupuk  Bokashi Kotaku adalah pupuk yang tepat dalam peningkatan produksi tanaman cengkeh. Pupuk ini sangat unggul dan sangat direkomendasikan untuk digunakan diseluruh Indonesia dalam kaitannya untuk meningkatkan hasil tanaman cengkih, baik secara kualitas maupun kuantitas.
‘’Harga relatif terjangkau dan mampu mengurangi pemakaian pupuk kimia seperti NPK hingga 50 % atau lebih. Mengurangi tingkat serangan hama dan penyakit. Aman bagi manusia dan  lingkungan. Dan jika pupuk urea  sedang langka, bisa menggunakan Bokashi Kotaku ini sebagai solusi alternatif dan bias dibuktikan sendiri hasilnya,’’kata Ketut Rida (55) dari Desa Bengkel Singaraja yang sudah 5 tahun menggunakan Bokashi Kotaku.
‘’Sebelum menggunakan Bokashi Kotaku phon cengkeh saya agak kurus dan daunnya cepat menguning dan setelah menggunakan Bokashi Kotaku dahan dan rantingnya lebih banyak dan daunnya lebih lebat.
Menang, upaya untuk menyuburkan tanaman cengkeh antara lain adalah pemupukan terutama untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga secara bertahap kondisi tanaman akan subur dan ranting dan daunnya akan lebat serta  produksi bungannya saat panen akan meningkat.
Pencangkulan hanya dilakukan pada waktu penggemburan tanah dan waktu pembuatan lubang untuk pemupukan. Hindari pencangkulan yang terlalu dalam agar akar tidak banyak yang putus. Gulma yang berada di sekitar tanaman cukup dibabat pakai parang. Hasil babatan gulma dapat dijadikan mulsa untuk tanaman cengkeh terutama pada saat musim kemarau.
Dosis pupuk organik yang diberikan antara 5-10 kg/pohon. Tujuan pemberian pupuk organik ini terutama ditujukan untuk meningkatkan jumlah hara yang dapat diserap tanaman, diberikan setahun dua kali yaitu pada awal musim hujan.
Setelah panen juga dilakukan pemupukan, tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehabis panen dan mempertahankan produksi tetap tinggi. Peningkatan pertumbuhan tanaman cengkeh sehabis panen, terutama panen raya sangat diperlukan karena umumnya tanaman cengkeh mengalami kerusakan. Penyiangan gulma dan penggemburan tanah sebelum pemupukan
Penggemburan tanah sekitar daerah perakaran cengkeh produktif sangat diperlukan, terutama sehabis panen. Pada umumnya sehabis panen tanah di sekitar perakaran cengkeh menjadi padat sehingga akan mengganggu perkembangan akar karena sirkulasi udara menjadi berkurang.
Pemberian pupuk organic Pemberian pupuk bokashi kotaku dilakukan pada lubang/alur yang dibuat dengan lebar 5 cm dan kedalaman 20 cm melingkar di bawah pohon  dengan dosis 5 -10 kg/pohon dan masukkan secara merata kemudian timbun dengan tanah.(A)

1 komentar:

  1. Assalamkm, Selamat siang, Pak...
    Saya mau tanya Pak, untuk kemasan pupuk bokasinya tertutup rapat atau ada sirkulasi udaranya tdk y?
    Terima kasih

    Salam kenal ya Pak..., nama saya ushep

    BalasHapus