Rabu, 08 Februari 2012

SALAM REDAKSI Edisi I

Mengorek Limbah
Persoalan limbah memang cukup kompleks.  Pencemaran lingkungan acapkali menjadi isu menarik seiring berkembangnya industri nasional yang berimbas pada terciptanya limbah sebagai proses industri. Limbah industri yang tidak di treatment dengan baik, seringkali menuai protes masyarakat karena mencemari lingkungan sekitar dan mengancam kesehatan manusia.
 
Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah terdiri dari bahan kimia organik dan anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Yang pasti, limbah  harus mendapat penanganan dan perhatian khusus. Dan jangan sekali-kali disepelehkan.

Kita tahu, Indonesia dengan penduduk lebih dari 220 juta jiwa memerlukan sumber air bersih. Menurut data PDAM, di kota-kota besar, hanya 50 persen yang menikmati air bersih. Di pedesaan diperkirakan baru 30 persen  memperoleh  air bersih. 

Begitu juga dengan kualitas  udara yang semakin mengkhawatirkan terutama di kota-kota besar. Tak hanya air dan udara yang tercemar, pencemaran tanah juga berpengaruh langsung terhadap ekosistem yang ada di dalam tanah. Walhasil, berdampak pada penurunan produktifitas pertanian.

Dengan kondisi seperti ini, mencegah lebih baik dari pada mengobati,  mencegah kerusakan lingkungan adalah tindakan mulia dari pada membiarkan keadaan. Bukankah manusia di ciptakan untuk menjadi Khalifah (pemimpin) di atas muka bumi ini yang salah satu tugasnya adalah menjaga alam?    

Kehadiran teknologi pengolahan limbah, menjadi sangat penting. Majalah EM FORUM Indonesia, hadir membawa informasi serta solusi teknologi pengolahan limbah tepat guna. Di samping perlunya konsep-konsep menjaga lingkungan.

Betapa indahnya harmoni alam dengan manusia saat beraktifitas. Karena itu, lingkungan yang bersih menjadi dambaan. Tak hanya umat manusia, tapi juga mahluk tuhan lainnya seperi hewan, tumbuh-tumbuhan dan alam raya.

Redaksi
EM FORUM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar