Senin, 27 Februari 2012

EM FORUM KONVERENSI


EM Forum  Kupas Keberhasilan EM di Asia

EM Forum 2010 yang berlangsung akhir di Penang Malaysia merupakan konverensi Internasional  membahas perkembangan EM di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Keberhasian teknologi EM dalam berbagai bidang seperti pertanian perikanan, peternakan, dan pemanfaatan EM untuk lingkungan dan juga kesehatan. Telah menjadi consen berbagai negara di kawasan asia khususnya dalam dunia pertanian dan pengolahan limbah. Hal ini terlihat dari antusiasme negara-negara yang selama ini menerapkan teknologi EM seperti Malaysia, Singapura, Indonesia, Vietnam, Kamboja, Australia dan Singapura,
Indonesia yang diwakili oleh Direktur PT. Songgolangit Persada, Ir. H. Agus Urson HP , dan Kacab Bali PT. Songgolangit Persada, Irkham Rosidi. dan Kepala bagian R&D PT. Asam Jawa,  Drs. Subronto MS, sebagai peneliti dan pengguna langsung teknologi EM.   Drs. Subronto MS inilah yang  mempresentasikan  keberhasilan penerapan teknologi EM pada kelapa sawit diantaranya pada pemanfaatan limbah organic yang diolah dengan teknologi EM.
Malaysia juga menyampaikan inovasi terbaru teknologi EM yang sedang dikembangkan adalah kegiatan pelemparan Bokashi Mudball yang telah dilakukan melalui konsorsium presentasi dengan judul; Greening Penang The PSDC Initiative oleh Mr. Horst Rosenmueller yang merupakan President PSDC.
Dalam presentasinya disampaikan bahwa kegiatan One Million Apologizes to Mother Earth yang telah dimulai sejak satu tahun merupakan bagian dari CSR Hunza Properties dan hal ini tidak dilakukan sendiri oleh dia akan tetapi melibatkan berbagai LSM dan Club yang ada di Penang yang kemudian bergabung dengan nama PDC. Pada tahun 2010 ini PDC berinisiatif melakukan pelemparan 1.000.000 mudball yang merupakan sumbangan dari LSM dan pemerhati lingkungan. Satu hari setelah kegiatan EM Forum ini digelar peserta EM Forum Asia diajak untuk melakukan pelemparan yang ke 1.000.000 Bokashi Mudball ke sungai kinta di kawasan P. Penang.
Tak Hanya itu EM juga dimanfaatkan perusahaan besar yang ada di Sabah Malaysia. Perusahaan perusahaan tersebut telah memanfaatkan Teknologi Em untuk berbagai bidang seperti pengolahan limbah, pemupukan maupun untuk pemeliharaan ternak kuda dan lainnya.
Yang juga menarik juga presentasi dari perwakilan Australia Mr. Ken Bellamy Ken adalah seorang principal dari  Vital Resources Management Pty Ltd (VRM) dan Prime Carbon Pty Ltd: keduanya merupakan perusahaan Australia yang bergerak dalam bidang konsultan manajemen perusahaan untuk lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui peningkatan kualitas tanah dan air. Mr. ken mempresentasikan berbagai produk turunan yang berasal dari Teknologi EM untuk rumah tangga seperti Ekstrak buah untuk pembersih kaca, toilet, lantai dan kendaraan, selain itu juga mempresentasikan keberhasilan perusahaan VRM dalam manajemen pengendalian limbah organic dengan penerapan teknologi EM pada pabrik Gula QLD Sugar Industry, Taman Nasional, juga kantor-kantor pemerintah daerah dan juga hotel maupun restaurant.
Salahsatu pembicara Mr. Alan Seah Founder Go organic International mengangkat judul “Our Experience In Singapore with EM” menurut Alan, pemanfaatan EM untuk pertanian organic di Singapura telah dulakukan dan manfaatnya sungguh diluar dugaan, tidak saja untuk go organic dalam bidang pertanian, tetapi EM juga dipergunakan untuk kesehatan, banyak relasinya yang telah meminum EM untuk mengatasi diabetes, kanker dan lainnya, ada yang mengatakan sembuh setelah meminum EM.
Bahkan Prof Keita Kojima Manager dari EMRO CostaRica, mengungkapkan pengalamannya dalam penggunaan EM di Amerika latin untuk mengatasi pencemaran pada danau amatilin di daerah pedalaman.
Presentasi yang tak kalah menariknya  dengan Judul Aplication of EM Technology in Vietnam disampaikan oleh Dr Le Khac Quang Direktur Vina Nichi for Technology, dalam presentasinya banyak disampaikan keberhasilan penggunaan EM untuk perikanan dan tambak.
EMRO dan APNAN juga melaporkan kemjuan-kemajuan yang telah dicapai kedua organisasi tersebut di belahan dunia. Sedang.
Sementara itu, di iruang yang terpisah dipamerkan pula berbagai macam produk-produk derivate Teknologi EM dari berbagai Negara anggota APNAN dan sehingga terbuka peluang untuk saling berkomunukasi dengan public lebih baik lagi..***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar