Minggu, 05 Februari 2012

Salam Redaksi Edisi VIII

Potensi Perikanan Darat Sangat Besar

Potensi perikanan darat memang masih sangat besar, karena Indonesia memiliki sungai-sungai yang panjang dan besar, juga danau dan lahan basah yang sangat luas. Tenaga kerja pun berlimpah yang dalam waktu singkat dapat dididik dan dilatih serta diberi modal untuk berusaha di bidang perikanan.
Memang, perikanan darat memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri serta.keuntungan bagi masyarakat sendiri khususnya dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Untuk tingkat lokal sendiri dapat dijadikan konsumsi masyarakat sehari-hari. Bahkan jika dikelola secara serius bisa menjadi salah satu komoditi ekspor ke luar negeri,
Dengan memanfaatkan potensi lahan yang masih luas untuk dijadikan tempat budidaya ikan air awar, secara tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.
Kita tahu, untuk memenuhi permintaan dalam negeri saja masih kewalahan, apalagi menjawab pasar internasional yang trennya terus meningkat. Di negara-negara maju, makan ikan sudah menjadi keharusan karena faktor pentingnya menjaga kesehatan.  Contohnya, Negara Jepang menjadi bangsa yang sehat dan cerdas karena budaya makan ikan setiap hari, dengan variasi menu yang kaya, bahkan dalam keadaan mentah yang segar.
Dengan keseriusan pemerintah dalam bidang perikanan tampaknya target produksi perikanan yang dicanangkan secara nasional sebagai sumber ekonomi baru nasonal akan tercapai. Apalagi dengan dukungan teknologi inovasi yang memadai, walhasil target tersebut bias terwujud.**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar