Minggu, 05 Februari 2012

Salam Redaksi Edisi IX

Rumah Sehat Dambaan Keluarga
 Tak dipungkiri sejak manusia ada di muka bumi ini, rumah menjadi hal terpenting dalam kehidupannya. Walau pada zaman purba mereka hidup di goa-goa atau di batu-batu besar tetapi pada dasarnya tempat berteduh mereka itu merupakan tempat hunian yang sangat mereka butuhkan.
 Zaman modern sekarang ini, rumah tidak sekedar tempat untuk melepas lelah setelah bekerja seharian, namun didalamnya terkandung arti yang sakral sebagai tempat untuk membangun kehidupan keluarga sehat dan sejahtera.
Rumah yang sehat dan layak huni tidak harus berwujud rumah mewah dan besar namun rumah yang sederhana dapat juga menjadi rumah yang sehat dan layak huni. Rumah sehat adalah kondisi fisik, kimia, biologi didalam rumah sehingga memungkinkan penghuninya memperoleh derajat kesehatan yang optimal.
Sebuah keluarga merasa lebih bahagia dan lebih nyaman jika rumah mereka bersih dan rapi. Bahkan para mereka yang seharian bekerja diluar rumah,  merasa nyaman dan bahagia melihat rumah dan ruangan mereka indah tertata.
Mungkin banyak ibu rumah tangga tak menyadari rutinitas membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel, dan merapikan ruangan bisa menjadi cara agar badan dan pikiran fresh. Tanpa mereka sadari bersih-bersih rumah bisa meningkatkan nilai positif Jadi jika ingin selalu sehat jiwa dan raga, kenapa tak mencoba terapi bersih-bersih ini, selain ekonomis, rumah pun jadi sedap dipandang mata.
Ada beberapa kasus pada rumah yang tidak bersih dan tidak terawat, penghuninya mengalami berbagai penyakit seperti sakit perut, muntaber karena tercemar bakteri kotor seperti E. Coli atau Salmonella dan  phatogen.
Karena itu, rumah sehat diharapkan akan mampu mencapai tingkat kesehatan prima dengan biaya kesehatan rendah, tetapi juga akan mengantarkan masyarakat hidup lebih sehat, sejahtera, lebih cerdas dan produktif. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Banyak yang mengetahui makna pentingnya hidup sehat bebas dari masalah penyakit. Namun sedikit yang baru sadar akan pentingnya makna tersebut.
Diperlukan kesadaran pentingnya makna hidup sehat dalam benak segenap rakyat Indonesia. Nah, untuk mencapai itu, tidak ada salahnya dimulai dari dalam rumah kita dulu agar semua wabah penyakit yang menjangkiti berbagai daerah di bisa diatasi.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar