Senin, 06 Februari 2012

Fokus Bokashi Kotaku 1

Bokashi Kotaku

Pupuk Organik Berkualitas


Penggunaan Pupuk Bokashi Kotaku merupakan upaya yang tepat dalam mempertahankan produktivitas tanah serta menjaga stabilitas produksi tanaman.

Bokashi Kotaku adalah hasil fermentasi bahan organik dengan Teknologi Effective Microorganisms (EM4) yang digunakan sebagai pupuk organik untuk menyuburkan tanah dan meningkatkan pertumbuhan serta produksi tanaman.
hal ini disebabkan karena kandungan unsur hara yang terdapat dalam pupuk organik Bokashi Kotaku lebih mudah dan cepat diserap oleh perakaran tanaman.
Sekarang ini, Pupuk Bokashi mulai dikenal masyarakat luas. Karena keunggulan dan kelebihannya menggunakan proses fermentasi dengan Teknologi Effective Microorganisms (EM4, bahkan dipasaran nampaknya mulai mengalahkan pamor pupuk kompos dan pupuk kimia. Meskipun Pupuk Bokashi dan kompos sama-sama menggunakan bahan organik sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik, Pupuk Bokashi diolah lebih efektif dan ramah lingkungan.
Mahalnya pupuk kimia dan langkanya kompos dipasaran membuat banyak praktisi tanaman berpaling pada Pupuk Bokashi. Permintaan pasar pun mengalami peningkatan. Walaupun memang sebelum mengenal Pupuk Bokashi, mereka menggunakan kompos atau pupuk kimia untuk memberikan nutrisi pada tanamannya. Ternyata mereka melihat Pupuk Bokashi lebih unggul dibandingkan dengan kompos.
Bila membandingkan Pupuk Bokashi dan kompos, kandungan hara dalam Pupuk Bokashi lebih tinggi. Sehingga periode proses tumbuh pada tanaman lebih cepat, pengaruh terhadap tanah sempurna, energi yang hilang rendah dan populasi mikroorganisme dalam tanah lebih sempurna. Perpaduan materi organic yang beragam mulai dari kotoran ternak, limbah pertanian, dedak,  molasse (tetes tebu) yang difermentasi oleh EM4 melengkapi keunggulan Pupuk Bokashi.
PT Songgolangit Persada sebagai produsen dan distributor pupuk Bokashi Kotaku diseluruh wilayah Indonesia melihat indikasi adanya peralihan minat pemakai pupuk kimia ke pupuk organik. Ini memberikan angin segar bagi pemasaran pupuk Bokashi Kotaku. ’’Kita mempunyai strategi pemasaran dengan membagikan sampel Pupuk Bokashi Kotaku pada para pembeli Ramuan Pak Oles,” terang Kadek Suiartana, Kepala Produksi Pupuk Bokashi Kotaku.
Para calon konsumen yang menerima sampel tersebut, biasanya akan mengorder membeli Pupuk Bokashi karena mereka telah melihat keunggulan Pupuk Bokashi dibandingkan pupuk lain. Konsumen mengakui Pupuk Bokashi Kotaku penggunaannya lebih praktis, tidak berbau, tanaman tampak lebih segar dan daun lebih hijau serta mampu menekan penyakit yang sumbernya dari media tanam. Harga relatif terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat, Rp 20 ribu per zak (1 zak = 30 kg). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar