Minggu, 19 Februari 2012

Forum EM1


Kacang Dua Kelinci
Kelola Limbahnya Untuk Masyarakat Sekitar

 
Proses pengolahan kacang kulit menghasilkan limbah tanah dan limbah organik. Limbah ini dikembalikan dan disebarkan ke tanah dengan cara yang sesuai dengan standar pengolahan limbah dengan sarana IPAL yang memadai sehingga tidak membahayakan  dan tetap bermanfaat bagi masyarakat sekitar terutama dunia pertanian.
            ‘’Kita berencana membuat pupuk bokashi dari  limbah kacang, jagung tepung dan lain-lain yang di fermentasi dengan EM4 sehingga dapat dimanfaatkan untuk dunia pertanian di sekitar perusahaan,’’kata Chief Engginering PT. Kacang Dua Kelinci, Bronto.
Sekarang ini, PT Kacang Kelinci sedang konsen dengan pengolahn limbah agar tidak mencemari lingkungan serta tidak berbau . Karena produksi semakin meningkat otomatis limbah yang dihasilkan semakin banyak sehingga pengolahan limbah menjadi serius. Karena itulah PT. kacang Dua kelinci  mengundang tim ahli PT. Songgolangit untuk menerapkan teknologi EM4 sehingga menghasilkan khualitas limbah yang diharapkan.
‘’Kamu sebenarnya sudah mengetahui teknologi EM4 sudah cukup lama dank arena lvolume limbah semakin meningkat, sehingga kamu perlu mengetahui penerapan teknologi EM4 secara benar, ‘’katanya.
Memang untuk pengolahan limbah, dosis yang dibutuhkan sekurang-kurangnya 1 : 1 : 18 (EM4 + Molase + air bersih / air kelapa) secara merata kemudian fermentasi selama 3-7 hari, lalu tuangkan pada limbah secara kontinyu sesuai dengan debit air limbah masuk (inlet), kemudian diberikan perlakuan mekanis dengan aerator/blower sederhana. Untuk memperoleh hasil yang bagus, penambahan larutan EM4 dapat dilakukan setiap hari.
Sedang manfaat  teknologi  EM4 dapat menghilangkan bau yang tidak sedap karena EM mampu  menangkap H2S dan NH3 mengubahnya menjadi senyawa yang tidak berbau dan mempercepat proses penguraian lemak yang terkumpul di “grease trap” sehingga larut bersama air limbah.
EM4 juga mampu menurunkan kadar BOD dan COD. sSehingga air limbah yang telah diolah dapat dimanfaatkan atau dialirkan ke sungai.Teknologi EM merupakan salah satu inovasi untuk membantu efisiensi kerja IPAL dengan mengurangi pemakaian  tenaga yang tidak perlu dalam pengolahan air limbah.
Setiap tiga bulan sekali, PT. Dua Kelinci sebagai sponsor resmi Real Madrid di Indonesia ini, selalu dikunjungi oleh instansi yang berwenang akan menguji lokasi di mana sedimen tanah dari kolam filtrasi disebarkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sedimen tersebut tidak berbahaya bagi tanah dan sumber air tanah.
Dua Kelinci yang menjadi salah satu produsen makanan ringan terbaik di Indonesia juga menargetkan untuk mengurangi sedapat mungkin semua bentuk limbah dari proses pengemasan dan operasional kantor dengan membudayakan “kantor dengan lebih sedikit kertas”, memperbaiki proses kerja, serta pelatihan karyawan.(A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar