Minggu, 05 Februari 2012

Forum Utama Edisi X

Tanaman Hias  Diburu Masyarakat 


Salah seorang penjual dan pemilik usaha tanaman hias yang membuka usahanya di Juanda Depok Jawa Barat, mengaku akhir-akhir ini,  banyak kebanjiran order tanaman hias  baik dari pengembang perumahan yang terus menjamur juga dari masyarakat yang mencari tanaman hias untuk ditanam di pekarangan rumahnya.
Memang, berbagai jenis tanaman banyak diburu masyarakat, terutama jenis-jenis cemara, sikas, anggrek, adenium, sansevieria, aglaonema, anthurium, philodendron, bonsai dan beberapa bunga cantik lainnya. Meski harganya lumayan mahal, namun itu tidak membuat masyarakat enggan untuk membeli tanaman tersebut.
Situasi ini tentu sangat menggembirakan bagi dunia tanaman hias di Indonesia. Apalagi, sekarang ini,  penghijauan menjadi sangat penting untuk mengurangi pemanasan global.Karena itu, menghijaukan rumah dan pekarangan sangat bermanfaat apalagi dilakukan karena hobi. Demi hobi seseorang rela merogoh kocek jutaan rupiah untuk sebuah tanaman hias. Ada kepuasan batin yang tak bisa dinilai secara materi.
Saat ini, merawat tanaman hias sudah tidak terlalu sulit. Sebab, banyak sekali buku-buku, artikel bahkan ahli-ahli tanaman yang siap diajak konsultasi. Jika dulu tanaman hias hanya dijadikan sebagai barang yang diperjualbelikan saja, Sekarang konsumen lebih suka membeli anakan tanaman kemudian merawatnya dan membentuk tanaman hias hingga besar.
Merawat tanaman hias  dari kecil hingga besar itulah seni nya, dan menjadi hobi bagi sebagian orang. Dengan banyaknya panduan-panduan perawatan tanaman hias menjadi mudah. Umumnya tanaman hias yang bentuknya  menarik dan variasiatif yang sangat banyak membuat orang berlomba untuk menjadikan tanaman hias sebagai media penyalur hobi.
            Secara psikologis, para pecinta tanaman hias, diyakini dapat membuat para pemilik rumahnya lebih tenang dan nyaman. Bagi orang-orang yang memiliki hobi dalam merawat tanaman hias, informasi tentang tanaman hias ini sangatlah berarti, karena dengan bertambahnya pengetahuan yang mereka miliki, tentu bertambah juga kreasi bentuk dan ragam yang dapat mereka ciptakan dalam memberikan informasi tanaman hias. Jadi bagi orang-orang yang memiliki hobi merawat tanaman hias sekarang ini tidak perlu takut ketinggalan informasi dan pengetahuan tentang perawatan tanaman hias yang baik.
Memang trend tanaman hias terus berubah, tergantung musim dan jenis tanaman karenanya, selain mempercantik ruangan dan sedap dipandang mata, beberapa tanaman hias memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa.sensievera atau disebutlidah mertua misalnya, jenis tanaman ini masih banyak diminati. Tanaman yang memiliki varian beragam ini tidak hanya menebar pesona karena keindahannya tapi juga memiliki daya tarik dan manfaat yang luar biasa. Beberapa hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat tanaman sensievera mampu menangkap polutan-polutan berbahaya bagi kesehatan manusia di udara.
Apabila tidak memiliki halaman yang cukup luas untuk menanam pepohonan, alternatif yang bisa dipilih yaitu bertanam dalam pot atau  drum. Cara menanam ini tidak membutuhkan banyak tempat dan perawatan nya pun cukup mudah, hanya perlu menyiramnya setiap hari, memberi pupuk dan mengganti medianya setiap 6 bulan sekali.
Namun, apabila di rumah tidak memiliki lahan bertanam, beragam jenis tanaman hias,  salah satu cara agar tetap dapat menanam adalah dengan meletakkan tanaman hias tersebut di teras depan atau belakang, samping rumah, bawah jendela atau yang paling ekstrim dengan menempel di dinding dan menggantungnya.
Tanaman-tanaman hias tersebut, selain memberi kontribusi oksigen ke lingkungan, tanaman hias mampu memperindah sudut pandang rumah.
Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai warga bumi untuk turut berperan serta mengatasi peristiwa Pemanasan Global (Global Warming) dan Perubahan Iklim (Climate Change) yang sedang dialami Bumi, dimulai dari hal-hal kecil yang dapat dilakukan oleh semua orang dari rumah masing-masing dengan menghijaukan lingkungan ( Go Green )
Ayo mulai tanam pohon di halaman rumah. Pohon-pohon yang di tanam di halaman rumah sekecil apa pun halamannya, sudah pasti akan berperan untuk menetralisir CO2 di udara sekaligus menyegarkan dan menyehatkan. Jadi jangan ragu untuk mulai menanam pohon dan terus tambah koleksi tanaman di halaman rumah. Mau tanaman hias, bunga, buah atau apotik hidup, sayuran dan bumbu dapur tidak masalah. Dan jika sebagian besar warga bumi melakukannya, akan memberikan manfaat yang sangat signifikan untuk mereduksi CO2 di udara dan pada akhirnya pemanasan global pun dapat diredam.
Sekarang ini sudah ada beberapa warga yang mengembangkan tanaman buah dalam pot . Selain teknologinya mudah, apabila kebiasaan mengembangkan tabulapot ini dapat menjadi gerakan bersama, maka selain menambah hijaunya lahan berkarang, juga akan terus menyediakan sumber vitamin dari hasil buahnya. Tabulapot juga tidak memakan tempat dan cocok dikembangkan dilingkungan padat penduduk.
Bahkan pohon buah seperti rambutan, mangga, belimbing dan sebagainya yang ditanam dalam pot (tabulampot) memiliki keindakan dan menghadirkan kebanggaan tersendiri apabila menghasilkan buah.(A)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar