Minggu, 05 Februari 2012

Salam Redaksi Edisi VII

 Kelapa Sawit Berkembang, Lingkungan Terjaga

Budidayakelapa sawit memainkan peranan penting dalam perekonomian Indonesia dan merupakan salah satu komoditas andalan dalam menghasilkan devisa negara. Namun sayangnya, produksi Kelapa Sawit di Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan produksi Malaysia.
Padahal, Indonesia memiliki banyak kelebihan dibanding Malaysia sehingga memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk meningkatkan pangsa pasarnya dimasa-masa mendatang, bahkan menggeser posisi Malaysia sebagai produsen CPO nomor satu dunia.
Pasalnya, Indonesia memiliki cadangan lahan perkebunan yang masih sangat luas. Apalagi jika melihat sumberdaya alam dan manusia yang dimiliki Indonesia saat ini yang secara kuantitatif relatif jauh lebih unggul dibanding Malaysia, karena itu Indonesia berpeluang cukup besar untuk menjadi produsen kelapa sawit terbesar dunia.
Minyak sawit telah dipandang oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia, sebagai produk yang menjanjikan untuk dikembangkan. Apalagi setelah adanya kebijakan negara-negara di Eropa untuk mengalihkan penggunaan sebagian minyak fosil kepada penggunaan bahan bakar nabati, seperti biofuel dari minyak sawit.
Namun demikian, pengelolaan kelapa sawit jangan sampai merusak lingkungan. Kesadaran menjaga lahan yang subur pada lahan kelapa Sawit sekarang harus menjadi konsen semua pihak. Terutama dalam penggunaan pupuk kimia yang serampangan  (harus sesuai dosis) dan pengolahan limbah yang tidak benar.
Jangan sampai permasalahan lingkungan hidup ini seolah-olah seperti dibiarkan menggelembung sejalan dengan intensitas pertumbuhan industri, walaupun industrialisasi itu sendiri sedang menjadi prioritas dalam pembangunan.. Tidak kecil jumlah korban ataupun kerugian yang justru terpaksa ditanggung oleh masyarakat luas tanpa ada konpensasi yang sebanding dari pihak industri.
Padahal untuk menangani suatu kasus lingkungn hidup, misalnya pencemaran suatu sungai, segnap pihak yang berwenang menanganinya harus mempunyai visi dan persepsi yang sama mengenai lingkungan hidup, sehingga bisa diperoleh solusi yang optimal dan dirasakan adil bagi berbagai pihak. Kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan akan lebih mudah muncul apabila mereka mendapatkan manfaat langsung dari lingkungan.
Pengelolaan perkebunan dapat meminimalkan aspek kerusakan lingkungan. Karena adanya kesadaran bersama-sama menjaga lingkungan di sekitarnya..Karena itu selain penggunaan pupuk kimia, penggunaan pupuk organic juga sangat penting untuk menjaga ekosistem di dalam tanah seperti Mikroba-mikroba tanah banyak yang berperan di dalam penyediaan maupun penyerapan unsur hara bagi tanaman.
Penggunaan bioteknologi untuk pengolahan limbah cair pabrik kelapa sawit juga bermanfaat untuk  pupuk dan dapat mengurangi biaya pengolahan limbah cair dan sekaligus berfungsi sebagai sumber hara bagi tanaman kelapa sawit.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar