Minggu, 05 Februari 2012

Forum Usaha Edisi VIII

PT. Asam Jawa
Ubah Limbah Kelapa Sawit Jadi Manfaat

Karena harga pupuk kimia semakin mahal dan langka, padahal pupuk merupakan unsure essensial yang mutlak dibutuhkan oleh tanaman. Karena itu PT. Asam jawa di tuntut untuk lebih inovatif secara efektif  yakni menggunakan pupuk dari bahan-bahan organic yang telah ada potensinya yaitu dengan mengoptimalkan pemanfaatan limbah PKS yang dapat dipertanggungjawabkan hasilnya sesuai analisis di PPKS.
‘’Dulu kami membuang libah itu sudah dan banyak di komplain warga sekitar, sekaang limbah kamu di cari orang Yang sudah diteritmen menjadi pupuk organic pada tandan kosong diaplikasin dengan aplikasi 40 ton sampai dengan 45 ton perhektar, disusun diantara pohon kelapa sawit. Luas program kerja di sesuaikan realisasi produksi tahunan dimana perkiraan produski tahun 2010 mencapai 160.000.000 kg sehingga mendapatkan TKS 20%
Pengoperasian Pabrik kelapa Sawit (PKS) menghasilkan limbah dengan volume yang sangat besar yang perpotensi mencemari lingkungan jika tidak dikelola dengan tepat. Pencemaran itu sebagian besar disebabkan oleh limbah organic yang tidak terurau dengan baik sehingga menimbulkan bau, gas beracun, air tercemar, penyakit dan lain-lain. Yang membahayakan kehidupan biota dan juga kesehatan manusia disekitarnya baik secara langsung, maupun tidak langsung.
Jika sampai terjadi pencemaan akan sangat besar biaya yang diperlukan untuk pemulihannya. Apabila terjadi masalah pencemaan lingkungan akan diperlukan biaya yang sangat besar untuk mengatasinya. Pemilik setidaknya harus mengeluarkan biaya elstra besar untuk penanggulangan pencemaran limbah, pemulihan kerusakan lingkungan, mereduski gejlak social, kemungkinan gugatan masyarakat yang dirugikan, ancaman pidana kelalaian yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan lain sebagainya yang bias di tuduhkan sampai sangsi penutupan pabrik.
Dengan menggunakan pupuk cair ini pupuk kimia konvensional yang tetap rutin diberikan itu akan lebih ce[at terurai pada tanah sehingga menjadi tersedia membantunya lebih cepat dan lebih maksimal terserap pleh tanaman. Dengan demikian produski tanaman diharapkan akan lebih meningkat lagi.
Pengaplikasian pupuk cair pada tanah atau perakaran tanaman membuat tanah menjadi gembur, pupuk menjadi lebih cepat terurai sehingga efektif terserap oleh akar. Tanman akan tumbuh subur, sehat dan produktifitas jika  bersimbiosis mutualisme dengan mikroba yang menguntungkan.
Terlebih lagi pemberian pupuk cair mampu memperbaiki KTK (kapasitas Tukar Kation) tanah, mengefektifkan penyerapan pupuk sehingga akan mengurangi dosis pemakaian pupuk kimia konvensional yang harganya meningkat terus setiap tahun.
Telah diketahui bersama bahwa tidak semua pupuk kimia konvensional yang diaplikasikan itu ammpu seluruhnya di serap oleh tanaman karena masih kuat terikat dengan molekul atau unsur lain yang terdapat pada tanah (sulit terurai karena kondisi tanah yang buruk), tercuci hujan, penguapan dan lain-lain. Namun karena rutin dan terjadwal, pemberian pupuk kimia konvensional tersebut tetap saja dilakukan tanpa memperhatikan sifat dan kondisi tanah yang mungkin sudah jenuh terhadap pupuk kimia. Karena tidak mampu lagi diserap, akibatnya timbul akumulasi endapan pupuk kimia (pupuk anorganik) yang membuat tanah disekitar perakaran menjadi keras. Tanah yang mengeras membuat aerasi tanah menjadi buruk sehingga akar akan terhalang menyerap hara yang menyebabkan pertumbuhan tanaman kurang baik yang pada gilirannya produktifitas tanaman tidak maksimal. Pupuk cair mampu memperbaiki kondisi tanah yang seperti itu selain juga berfungsi sebagai suplemen ataupun subtitusi pupuk anorganic.
Dengan menggunakan pupuk organic bukan mustahil pula akan dihasilkan minyak sawit organic. Minyak sawit organic maupun produk turunan yang dihasilkan oleh minyak sawit organic diyakini akan memberikan manfaat keseharan yang lebih baik bagi penggunanya. Sangat optimis bahwa minyak sawit organic akan lebih diterima dan diminati oleh pasar Negara maju yang sangat peduli dengan lingkungan dan kesehatan. Karena manfaat yang lebih baik dan lebih besar komsumen minyak sawit organic tentunya bersedia membayarnya dengan harga premium.@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar