Senin, 06 Februari 2012

Salam Bokashi Kotaku !

Saatnya Pupuk Bokashi  Jadi Primadona Petani

Keberadaan pupuk organic atau  pupuk bokashi sekarang ini, sangat membantu dalam mengoptimalisasi pertumbuhan tanaman dan sekaligus memperbaiki tanah tempat tanaman tumbuh. Karena itu, penggunaan pupuk Bokashi makin digalakan. Pasalnya, lahan-lahan di Indonesia sebagian sudah rusak. Sebab itu, penggunaan pupuk organic  memiliki tiga keuntungan, terutama bagi lingkungan, bagi tanah dan  tanaman.

Bokashi sangat membantu dalam penyelesaikan masalah lingkungan, terutama sampah organik. Karena bahan baku pembuatan bokashi adalah sampah maka permasalahan sampah rumah tangga, sampah kota dan sampah pertanian dapat diatasi.

Bagi tanah, bokashi dapat menambah unsur hara, dapat memperbaiki struktur dan testur tanah, menyimpan air dan sebagainya. Dengan membaiknya kualitas tanah dan didukung dengan unsur hara yang mencukupi, tanaman yang tumbuh diatasnya akan berproduksi secara optimal.

Sebenarnya penggunaan pupuk alami merupakan warisan leluhur. Tanah pertanian zaman dahulu umumnya subur karena lahan mereka berasal dari hutan yang kaya akan humus. Seiring perjalanan waktu, kandungan humus pada areal pertanian semakin menipis  karena diserap terus menerus oleh tanaman tanpa disertai regenerasi humus. Tidak heran jika lahan menjadi tidak subur, hasil panen semakin berkurang, dan tanaman cenderung muda terkena penyakit.

Semula, kondisi tanah yang tidak subur biasa diatasi dengan penggunaan pupuk organic. Namun setelah diperkenalkan pupuk kimia, para petani berubah haluan meninggalkan pupuk organiknya. Dan berganti menggunakan pupuk kimia. Dalam kurun waktu tertentu, produktivitas pertaniannya memang dirasa lebih meningkat. Bahkan banyak juga petani yang berpikir bahwa ‘semakin banyak pupuk kimia maka hasil penen akan semakin meningkat’. Karena itu, para petani akhirnya mempunyai kecendrungan berlebihan dalam pemberian pupuk kimia.

Pemberian pupuk kimia secara berlebihan dan serampangan jelas akan memperburuk kondisi fisik tanah, apalagi tanpa diimbangi dengan pemberian kompos atau bokashi, efesiensi dan efektivitas penyerapan unsur hara oleh tanaman kurang optimal, karena itu ketersediaan bokashi sangat membantu upaya pemulihan tanah. Dan kini saatnya Bokashi menjadi primadona dunia pertanian di Indonesia.**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar