Minggu, 19 Februari 2012

Salam Redaksi



Limbah Hotel Teratasi, Lingkungan Nyaman
Masalah pengelolaan limbah memang tidak sesederhana yang dibayangkan karena pengolahan air limbah memerlukan perencanaan dan  kecermatan dalam pengelolaannya. Tujuannya untuk menurunkan kadar bahan tercemar sehingga pada akhirnya air tersebut memenuhi baku mutu yang sudah ditetapkan.
Memang, seringkali kegiatan usaha perhotelan, industri, perdagangan, peternakan, pertanian, dan lain-lain, selalu menjadi sasaran tudingan sebagai pemicu masalah pencemaran lingkungan, Tapi memang inilah masalahnya, ada sebagian  pengusaha cenderung menganggap lingkungan adalah milik bersama ( common property), pencemaran  atau kerusakan lingkungan dianggap sebagai faktor aksternal di luar komponen biaya produksi
Pembuangan air limbah baik yang bersumber dari kegiatan domestik (rumah tangga) maupun hotel atau industri dapat menyebabkan pencemaran lingkungan apabila kualitas air limbah tidak memenuhi baku mutu limbah
Kesadaran untuk mengelola limbah secara benar agar tidak menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan sekitarnya harus menjadi agenda utama dan jangan sekali-kali disepelehkan. Ada beberapa kasus yang terjadi di Bali. Contohnya daerah wisata Kuta yang sangat rentan dengan persoalan limbah. Permasalahan limbah hotel ini jika tidak segera ditangani dengan baik akan menjadi preseden buruk bagi dunia pariwisata di Bali.
Limbah hotel sebenarnya bisa bernilai positif jika diolah melalui IPAL. Hasil pengolahan limbah cair, yang tentunya menggunakan teknologi tepat guna dan dapat mengurai gas-gas berbahaya seperti penggunaan EM Pengolahan Limbah ini, semestinya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain. Salah satunya air hasil pengolahan limbah ini bisa digunakan untuk menyiram tanaman di lingkungan hotel. Ini secara tidak langsung bisa menekan biaya pemeliharaan tanaman di lingkungan hotel. 
Kerena itu, paling tidak pengelola hotel mesti memiliki IPAL sehingga tidak terjadi pelanggaran dalam penanganan limbah. Setiap pembangunan hotel seyogyanya dilakukan monitoring oleh pemerintah, terutama dalam hal penanganan limbah, Apakah pembangunan hotel tersebut sudah disertai dengan pembangunan intalasi pengolahan limbah atau belum?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar